Cara Menggunakan Termometer Infrared

cara menggunakan termometer infrared

Cara Menggunakan Termometer Infrared – Termometer infrared adalah salah satu alat yang populer pada pandemi Covid-19 ini. Biasanya, termometer ini digunakan di berbagai pintu masuk ruang publik, misalnya perkantoran dan pusat perbelanjaan, untuk memastikan suhu tubuh para pengunjungnya.

Penggunaan termometer infrared dianggap lebih efektif dan praktis daripada jenis termometer lainnya, karena bisa membaca suhu tubuh seseorang dengan cepat. Sehingga, tidak menyebabkan antrian pada tempat-tempat yang mempunyai lalu lintas pengunjung yang tinggi.

Selain karena kecepatannya, termometer infrared juga bisa digunakan untuk mengukur suhu permukaan dari jarak yang agak jauh. Sehingga, penggunanya tidak perlu melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang akan diperiksa.

Walau demikian, penggunaan termometer infrared harus digunakan pada jarak yang tepat, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh, agar dapat membaca suhu tubuh seseorang secara akurat. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah agungkate.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menggunakan Termometer Infrared dengan Benar

Supaya proses pemeriksaan suhu tubuh mendapatkan hasil yang akurat, Anda harus memahami cara menggunakan termometer infrared dengan benar. Berikut adalah panduan cara menggunakan termometer infrared:

cara menggunakan termometer infrared

Sumber:https://infokomputer.grid.id

  1. Pertama, cari tombol pengubah unit pengukuran terlebih dahulu untuk menentukan suhu yang biasa Anda gunakan, yakni Celsius atau Fahrenheit.
  2. Nyalakan laser untuk pengecekan suhu dengan menggunakan tombol power atau daya.
  3. Arahkan laser ke arah objek atau orang yang ingin Anda ketahui suhunya.
  4. Berdirilah dekat objek atau pada posisi yang direkomendasikan agar termometer infrared bisa membaca suhu dengan akurat.
  5. Setelah itu, tarik pelatuk untuk mengetahui hasil pemeriksaan suhu melalui tampilan layar termometer tembak.

Baca Juga: Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

Apa Bedanya Termometer Infrared untuk Medis dan Industri?

Ada berbagai jenis termometer infrared yang dijual di pasaran. Termometer ini dibedakan menjadi dua macam berdasarkan keperluan penggunaannya, yaitu untuk medis dan industri. Ada beberapa hal yang membedakan kedua jenis termometer infrared ini. Berikut ini adalah berbagai perbedaannya yang perlu Anda ketahui:

1. Rentang Pengukuran Suhu

Termometer infrared medis dipakai untuk mengukur suhu tubuh manusia dalam kisaran 32-42,5 derajat Celcius. Selain itu, beberapa jenis termometer infrared medis dilengkapi dengan alarm untuk menunjukkan jika suhu tubuh tergolong tinggi.

Sementara termometer industri dipakai untuk mengukur suhu permukaan benda pada rentang suhu yang luas dan disesuaikan dengan keperluan industrinya, seperti trafo, mesin, panas air, dan masih banyak lagi. Termometer ini memiliki kategori suhu yang diukur berkisar dari -60 hingga lebih dari 500 derajat Celcius.

2. Tingkat Akurasi

Tingkat akurasi termometer infrared untuk kebutuhan medis dan industri juga berbeda. Margin of error termometer medis yaitu sekitar 0,1 derajat Celcius. Ini berarti ada kemungkinan pembacaan suhu tubuh yang salah, tetapi kisaran rata-ratanya hanya sekitar 0,1 derajat Celcius saja.

Berbeda halnya dengan termometer infrared untuk kebutuhan industri. Termometer infrared ini mempunyai rata-rata margin of error yang lebih besar daripada “saudaranya”, yaitu sekitar 1-1,5 derajat Celcius. Seringkali, ketidakakuratan pengukuran terjadi karena kesalahan operator dan kesalahan dalam pembacaan.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami instruksinya dengan benar sebelum menggunakan termometer infrared. Terlebih untuk termometer industri, faktor-faktor seperti medan elektromagnetik, hujan, dan kondisi lainnya juga bisa memengaruhi suhu permukaan sehingga menimbulkan ketidakakuratan dalam pengukuran suhu.

cara menggunakan termometer infrared

Sumber: https://blog.bhinneka.com

3. Desain

Desain termometer infrared untuk medis nampak lebih ringkas dan sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh penggunanya. Termometer infrared medis bisa dioperasikan dengan satu sentuhan dan mati secara otomatis setelah 30 detik.

Sedangkan, termometer infrared untuk industri biasanya mempunyai desain yang lebih rumit dan dilengkapi dengan lebih banyak tombol daripada termometer infrared untuk medis.

Itulah penjelasan seputar cara penggunaan termometer infrared dengan benar sekaligus perbedaan termometer infrared untuk medis dan industri. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menggunakan termometer ini dengan benar.

Baca Juga: Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Wajah